Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Pada UMKM Resto Ayam Desa di 21 Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro)

Alviani, Delia (2021) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Pada UMKM Resto Ayam Desa di 21 Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DELIA ALVIANI - 1704040182 - ESy.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan suatu perusahaan. Dengan banyaknya persaingan antar pengusaha Suatu perusahaan harus mampu menciptakan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran harus disusun secara efektif guna meningkatkan keunggulan kompetitif dan tetap menjaga eksistensi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana rancangan strategi pemasaran yang digunakan oleh pemilik resto ayam desa dalam meningkatkan daya saing.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research). Adapun sifat penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan menggunakan teknik sampel yaitu snowball sampling dan juga data sekunder. Sedangkan teknik wawancara dilakukan oleh manajer, supervisor, karyawan serta konsumen resto ayam desa dan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap bahan informasi yang mendukung data-data peneliti yang didapatkan di lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian, Resto Ayam Desa termasuk ke dalam kriteria UMKM Usaha Kecil. Strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing Resto Ayam Desa melakukan bauran pemasaran 7P yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (sumber daya manusia), process (proses) dan Physical Evidence (bukti fisik). Namun terdapat 1P yang belum maksimal yaitu promosi. Meskipun demikian, strategi pemasaran yang digunakan Resto Ayam Desa sudah mampu dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Resto Ayam Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:55
Last Modified: 23 Nov 2021 11:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4901

Actions (login required)

View Item View Item