Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Penjualan di Kota Metro (Studi Pada UMKM Om Kaos di 24 Kecamatan Tejoagung Kota Metro)

Wulandari, Tutut Tri (2021) Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Penjualan di Kota Metro (Studi Pada UMKM Om Kaos di 24 Kecamatan Tejoagung Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Tutut Tri Wulandari -1704040169 - ESy.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan UMKM merupakan wadah yang sangat baik para penciptaan lapangan pekerjaan yang produktif dan merupakan salah satu bidang kegiatan usaha yang dapat berkembang secara konsisten dalam menyokong perekonomian nasional. Pengembangan UMKM saat ini lebih diarahkan dengan gelombong ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang menggabungkan informasi dan kreatifitas yang mengadalkan ide, gagasan dan pengetahuan dari sumberdaya manusia sebagai faktor produksi, seperti halnya dengan pengembangan usaha Om Kaos dalam meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengembangan usaha mikro kecil dan menengah berbasis ekonomi kreatif dalam peningkatan penjualan di Om Kaos.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Adapun sifat penelitian ini yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik wawancara dilakukan oleh pemilik Om Kaos, karyawan Om Kaos, serta pembeli dan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap bahan informasi yang mendukung data-data peneliti yang didapatkan di lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif dalam peningkatan penjualan di Om Kaos menggunakan pengembangan ekonomi kreatif yaitu industri, teknologi dan sumber daya. Berbeda dengan tempat sablon lainnya, dimana Om Kaos memproduksi dan medistribusikan hasil produksinya sendiri, selain itu Om Kaos memberikan pelatihan kepada karyawannya. Om Kaos juga memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pembeli/ pemesan, memberikan hasil produk yang di desain sesuai dengan keinginan pembeli serta kualitas yang diberikan sangatlah sesuai dengan harga yang diberikan, dan aktif dalam media sosial (facebook dan instagram) untuk memasarkan hasil produk-produk sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:55
Last Modified: 23 Nov 2021 11:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4902

Actions (login required)

View Item View Item