Tiyani, Nina Ayuk (2021) Pengaruh Pelayanan Samsat Mesuji Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NINA AYUK TIYANI NPM.1704040145 - ESy.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Demi tercipta-nya kepuasaan yang dirasakan konsumen (wajib pajak), maka Samsat menyediakan sistem online dengan membayarkan pajak kendaraan bermotor secara online sehingga tidak mengharuskan si wajib pajak untuk langsung datang ke lokasi. Peneliti tertarik untuk memahami dan menganalisis kepuasan wajib pajak di kantor samsat mesuji yang terletak di desa mukti karya, panca jaya kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Lampung.
Rumusan Masalah Apakah terdapat Pengaruh Pelayanan Samsat Mesuji Terhadap Kepuasan Wajib Pajak.? Tujuan Penelitian: penelitian kali ini yakni untuk mengetahui dan juga menganalisis perbedaan harapan dan kenyataan. Adapun manfaat yang diambil dari penelitian ini yaitu: a) Secara Teoritis; Diharapkan dari hasil analisis ini, dapat memperdalam pengetahuan Secara Teoritis dalam bidang Ekonomi Syariah. b) Secara Praktik. Diharapkan pada penelitian ini, dapat menjadi acuan bagikantor samsat Mesuji dan masyarakat khusus nya di wilayah Mesuji, dalam pemahaman pelayanan yang baik seperti apa dan menambah wawasan mereka dalam hal pemenuhan kepuasan pelayanan.
Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) Sifat deskriptif kuantitatif, operasional variabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X), kepuasan konsumen (Y). Pemilihan sampel memakai (Proposional Random Sampling), peneliti mengambil dan menggunakan sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu kuisioner dan dokumentasi. dalam penelitian ini menggunakan apllikasi SPSS versi 16.Menerapkan cara menggunakan 4 metode yaitu, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana.
Didapatkan hasil pengujian hipotesis dengan rumus uji regresi linear sederhana diperoleh harga t hitung dibanding dengan t tabel pada taraf signifikan 5% atau 0,05. yaitu diperoleh nilai t hitung > dari t tabel yaitu 1,946 > 1,6973. maka terdapat pengaruh analisis kualitas pelayanan (X) terhadapa kepuasan konsumen (Y). Sehingga diketahui Ha dalam penelitian ini diterima. Artinya bahwa pelayanan samsat mempunyai pengaruh terhadap kepuasan wajib pajak. Dalam prespektif Islam perasaan puas adalah sifat dari qanaah yaitu menerima takdir dan ketentuan dari Allah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 11:59 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 11:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4912 |
Actions (login required)
View Item |