Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Korelasi Kompetensi Profesional Guru Dengan Hasil Belajar Fiqih di MTs Wali Songo Bumiratu Nuban Lampung Tengah

Fundari, Ma’rifatul (2021) Korelasi Kompetensi Profesional Guru Dengan Hasil Belajar Fiqih di MTs Wali Songo Bumiratu Nuban Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MA'RIFATUL FUNDARI - 1701010226 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Wali Songo, Kec. Bumiratu Nuban, Kab Lampung Tengah. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan tujuan untuk mengetahui korelasi antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Wali Songo. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat korelasi kompetensi profesional guru dangan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Wali Songo. Hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini adalah terdapat korelasi kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Wali Songo.

Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengeksploitasi data lapangan dengan metode analisis data deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Wali Songo kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 197 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling yang dilakukan dengan cara mengambil 5 siswa secara acak pada masing-masing kelas dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode statistik korelasi Product Moment.

Berdasarkan hasil dari perhitungan analisis data, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,627. Setelah dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5% yang menunjukkan bahwa taraf signifikan 5% sebesar 0,374, nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,627 > 0,374) maka hipotesis diterima. Apabila rhitung tersebut dikonsultasikan dengan taraf signifikan 1% yang menunjukkan bahwa taraf signifikan 1% sebesar 0,478, nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,627 > 0,478) maka hipotesis diterima. Koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y memiliki nilai yang positif yaitu sebesar 0,627 yang terletak antara interval koefisien 0,600 – 0,799 dengan keterangan memiliki tingkat hubungan yang kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi kompetensi profesional guru dangan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Wali Songo dengan hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:59
Last Modified: 23 Nov 2021 11:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4913

Actions (login required)

View Item View Item