Hanifah, Nurul (2021) Pengaruh Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII di SMP N 2 Metro Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NURUL HANIFAH - 1601010260 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Tujuan utama penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pemecahan masalah terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMP N 2 Metro kelas VII. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas VII E dan VII F SMP N 2 Metro. Kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajar dengan menggunakan strategi ceramah, dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menerapkan strategi pembelajaran pemecahan masalah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar. Dimana soal yang digunakan dalam tes terdiri 9 soal esay.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran pemecahan masalah mempengaruhi hasil belajar PAI peserta didik kelas VII. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t, dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3.49 ≥ 2,01 dengan taraf signifikasi 0,05. Selain itu, dilihat dari hasil perhitungan post-test kelas kontrol maka diketahui nilai rata-rata peserta didik yaitu 75.4 yang menunjukan nilai ini lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran pemecahan masalah dengan nilai rata-rata 80.2.
Kata kunci : strategi pembelajaran pemecahan masalah, hasil belajar PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 12:00 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 12:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4916 |
Actions (login required)
View Item |