Rustiana, Siti (2021) Hubungan Pelaksanaan Kegiatan Remedial Dengan Hasil Belajar Fiqih di MI Tri Bhakti Al-Husna Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SITI RUSTIANA NPM. 1601010069 - PAI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang integral antara siswa sebagai pelajar dan guru sebagai pengajar.Para siswa dalam situasi pembelajaran ini menjadi tahapan kegiatan belajar melalui interaksi dengan kegiatan dan tahapan pembelajaran yang di lakukan oleh guru. Namun, dalam proses pembelajaran ini tentu banyak faktor yang harus di perhatikan, baik oleh guru maupun siswa. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran adalah pengembangan kemampuan diri, setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda Sebagai salah satu pemberian bantuan kepada siswa adalah melalui pemberian kegiatan remedial, melalui program tersebut siswa akan mendapatkan kesempatan mengulangi kembali, dan memberikan latihan-latihan, tambahan pelajaran, agar pemahamannya lebih mendalam serta hasil belajar yang didapatpun lebih optimal.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada Hubungan Pelaksanaan Kegiatan Remedial dengan Hasil Belajar mata pelajaran fiqih kelas V di MI Tri Bhakti Al-Husna Purbolinggo Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang pelaksanaan remedial, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar fiqih, sejarah singkat berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, identitas, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan serta data jumlah siswa MI Tri Bhakti Al-husna Purbolinggo Lampung Timur.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan pelaksanaan kegiatan remedial dengan hasil belajar fiqih di MI Tri Bhakti Al-Husna Purbolinggo Lampung Timur. Hal ini terlihat dari hasil yang menunjukkan Pengujain korelasi nilai antara kegiatan remidial dan hasil belajar menghasilkan nilai sebesar 0.499*. angka tersebut menunjukan kuatnya korelasi antara variabel kegiatan remidial dan variabel hasil belajar dikarenakan nilai r diatas 0.05 sedangkan tanda”*” menunjukan bahwa semakin tinggi hasil belajar maka kegiatan remidial tidak ada begitupun sebaliknya. Besarnya pengaruhjuga dapat dilihat pada uji koefisien determinasi (R2) atau R squared dihasilkan nilai sebesar 0.249. yang dapat diartikan angka Rsquare 0.249 atau 24.9% mengandung arti bahwa variabel independen (X) berhubungan secara simultan terhadap variabel dependen (Y) sedangkan sisanya sebesar 75.1% (100%-24.9%) terhubung oleh variabel lain atau variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 12:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 12:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4918 |
Actions (login required)
View Item |