Rofi’ah, Wahidatur (2021) Implementasi Kaidah-Kaidah Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Putri Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI WAHIDATUR ROFI'AH - 1601010080 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Kaidah menghafal Al-Qur’an merupakan Cara, aturan, strategi yang jelas, yang disusun untuk membantu serta mempermudah dalam proses menghafal Al-Qur’an sehingga menghasilkan penghafal Al-Qur’an yang benar-benar hafal serta mengamalkan apa yang sudah dihafalkan. Oleh karena itu, perlunya kaidah menghafal Al-Qur’an diimplementasikan dalam proses menghafal Al-Qur’an, sehingga santri lebih mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kaidah-kaidah menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Putri Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif dari data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap para asatidz dan santri dalam implementasi kaidah-kaidah dalam menghafal Al-Qur’an, semua data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara induktif.
Dari hasil penelitian, ada 3 kaidah menghafal Al-Qur’an yang diimplementasikan santri program takhosus di Pondok Pesantren Putri Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro , yaitu kaidah umum dalam menghafal Al-Qur’an, kaidah utama dalam menghafal Al-Qur’an, dan kaidah pendukung dalam menghafal Al-Qur’an. Semua kaidah-kaidah menghafal Al-Qur’an ini saling berkesinambungan, berkaitan. Namun, kaidah yang harus ada dalam menghafal Al-Qur’an, yakni kaidah utama dalam menghafal Al-Qur’an, salah satu kaidahnya yaitu Berdo’a memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam menghafalkan Al-Qur’an. Dalam implementasi kaidah-kaidah menghafal Al-Qur’an, tidak semua kaidah dapat diimplementasikan dengan baik oleh santri Pondok Pesantren Putri Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro. Ada beberapa kendala yang dihadapi Santri dan pihak Pondok Pesantren, diantaranya: padatnya tugas kuliah di kampus, Al-Qur’an yang digunakan selalu berganti, dan kemampuan serta motivasi menghafal Al-Qur’an setiap santri berbeda-beda, dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 12:02 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 12:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4920 |
Actions (login required)
View Item |