Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pelaksanaan bimbingan agama islam dalam pembentukan karakter dan perilaku siswa di SMP Islam Terpadu Wahdatul Ummah Kota Metro

Setiono, Deri (2021) Pelaksanaan bimbingan agama islam dalam pembentukan karakter dan perilaku siswa di SMP Islam Terpadu Wahdatul Ummah Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Deri.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bagaimana pelaksanaan Bimbingan Agama Islam dalam membentuk karakter dan perilaku siswa yang berakhlakul karimah, Hal ini sejalan permasalah yang muncul pada perilaku siswa seperti hilangnya rasa saling menghargai, kurangnya menaruh rasa hormat dan perilaku kurang baik kepada orang yang lebih tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan kegiatan Bimbingan Agama Islam dalam membentuk karakter dan perilaku siswa SMP Islam Terpadu Wahdatul Ummah Kota Metro sebagai agen pengganti dan penerus generasi selanjutnya, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Bimbingan Agama Islam dalam membentuk karakter dan perilaku siswa SMP Islam Terpadu Wahdatul Ummah Kota Metro.

Metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif induktif yaitu prosedur penelitian Analisis berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data dan dikembangkan dengan kata-kata tertulis atau lisan sehingga menjadi Hipoteses (praduga) selanjutnya dikembangkan menjadi teori. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam proses pengambilan data, peneliti melakukan observasi atau pengamatan secara non partisipan yaitu peranan peneliti sebagai pengamat dalam hal ini tidak sepenuhnya sebagai partisipan tetapi melakukan fungsi pengamatan. Tahap selanjutnya yaitu peneliti melakukan wawancara terstruktur dengan narasumber yang telah ditentukan dan bersamaan dengan dokumentasi saat wawancara berlangsung serta beberapa dokumentasi terkait dengan penelitian yang sedang dilakukan.

Hasil dari penelitian ini bahwa pelaksanaan Bimbingan Agama Islam dapat membentuk karakter dan perilaku siswa secara efektif dengan teknik Tausiyah yaitu ceramah, tausiyah ini dipraktikan secara individual secara bergantian dengan pembagian materi satu siswa membawakan satu materi. sehingga dengan ini para siswa melakukan implementasi atau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari secara berulang-ulang dan konsisten yang berdampak pada perubahan karakter dan perilaku siswa. Sedangkan faktor pendukung kegiatan Bimbingan pribadi Islam adalah mempunyai fasilitas yang cukup, mempunyai Guru pembimbing yang berkompeten, Nuansa tempat yang berbeda dan materi yang sesuai dengan siswa. Adapun Faktor penghambat saat ini adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM), manajemen kegiatan Bimbingan Agama Islam yang kurang maksimal, dan pengkondisian siswa dalam mengikuti kegiatan Bimbingan Agama Islam yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:03
Last Modified: 05 Nov 2021 07:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item