Noviansyah, Fajar (2021) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Komersialisasi Air (Studi Kasus di Desa Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FAJAR NOVIANSYAH -1704040129 - ESy.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Komersialisasi merupakan perbuatan yang menjadikan sesuatu sebagai barang dagangan dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, namun islam memiliki aturan-aturan yang wajib dijalankan oleh setiap umatnya sehingga didalam berbisnis tidak boleh hanya bertujuan untuk mendapatkan keutungan secara pribadi namun harus mementingkan keadaan sekitar baik keadaan lingkungan maupun sosial sehingga didalam Islam terdapat etika-etika bisnis yang dijadikan pedoman didalam berkegiatan usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah didalam proses komersialisasi air yang dilakukan oleh masyarakat desa Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, dalam prakteknya menggunakan prinsip Etika Bisnis Islam, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif sedangkan penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif.
Hasil penelian menyimpulkan bahwa pada usaha komersialisasi air yang dijalankan belum sepenuhnya menggunakan prinsip-prinsip etika bisnis Islam sehingga dalam proses usahanya masih terdapat kekeliruan ataupun kecurangan baik dalam kegiatan usahanya ataupun dampak yang ditimbulkan oleh adanya usaha komersialisasi ini baik terhadap masyarakat ataupun terhadap lingkungan sekitar.
Kata Kunci : Komersialisasi, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:10 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:10 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4927 |
Actions (login required)
View Item |