Pasha, Muhamad Akmal Nur (2021) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di SMP Islam Kebumen. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Muhamad Akmal Nur Pasha - 1701080036 - IPS.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kenakalani adalah kumpulan dari berbagai tingkah laku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial dan dapat mengganggu ketentraman belajar. Kenakalan terdiri dari berbagai macam diantaranya membolos, merokok, tidak hadir tanpa keterangan, tidak berpakaian rapih. Faktor penyebab dari kenakalan tersebut pun bermacam-macam seperti jarak tempuh dari rumah kesekolah, ajakan dari teman, terhalangnya trasportasi dan lain sebagainya. Berbagai masalah yang terjadi dikalangan peserta didik berupa kenakalan yang berdampak pada prilaku peserta didik di SMP Islam Kebumen, berdasarkan parasurvey kenakalan yang terjadi pada peserta didik yaitu kenakalan yang masih riangan seperti membolos, tidak berpakain rapih dan lain sebagainya. Dengan demikian guru memiliki tanggung jawab untuk mengatasi kenakalan peserta didik
Tujuan yang ingin dicapaiii dari iipenelitian iiniii iiadalahi Iiuntukii iimengetahuiii iiupayai guru dalam iimengatasiii iikenakalanii iipesertaii iididikii iidiii iiSMPii iiIslamii iiKebumenii iikecamatanii iisumberejoii iikabupatenii iitanggamus.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik SMP Islam Kebumen, metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa upaya guru di SMP Islam Kebumen dalam mengatasi kenakalan peserta didik telah menggunakan usaha preventif (pencegahan), represif (pembinaan) dan Kuratif (menanggulangi). Selain dengan usaha tersebut guru di SMP Islam juga memberikan punishment (hukuman) kepada peserta didik yang melakukan kenakalan, akan tetapi punishment yang diberikan adalah punishment yang bersifat mendidik, bahwa upaya guru dalam mengatasi kenakalan peserta didik sudah baik akan tetapi perlu ditingkatkan lagi agar peserta didik tidak lagi mengulangi kenakalan-kenakalannya, hal ini terbukti dengan telah diterapkannya program membaca Al-Qur’an disetiap pagi sebelum pembelajaran dilaksanakan, dengan adanya program ini diharapkan peserta didik memiliki jiwa al-qur’an yang dapat menjadikan peserta didik berbudi luhur sesuai ajaran Al-Qu’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:07 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4934 |
Actions (login required)
View Item |