Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru TPA Al-Qur’anniyyah Dalam Membina Akhlak Anak di Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung

Sari, Diana Puspita (2021) Peran Guru TPA Al-Qur’anniyyah Dalam Membina Akhlak Anak di Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DIANA PUSPITA SARI -1701010020 - PAI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Dalam Agama Islam, akhlak menempati kedudukan yang istimewa. Hal ini berdasarkan kaidah Rasulullah SAW yang menempatkan penyempurnaan akhlak sebagai misi pokok risalah Islam. Selain itu, akhlak juga menjadi tolak ukur keimanan seseorang. Untuk mencapai kesempurnaan akhlak, dibutuhkan adanya pembinaan. Dalam pembinaan tersebut tak hanya dilakukan oleh lembaga formal dan informal saja, melainkan juga lembaga non formal yang ada di lingkungan masyarakat, yakni TPA. Disinilah letak peran guru salah satunya di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Guru TPA adalah tenaga pendidik dari lembaga pendidikan non formal yang mengajarkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an juga mengajarkan pengetahuan tentang ibadah, akidah, dan akhlak. Anak-anak yang mengikuti pembelajaran di TPA Al-Qur’anniyyah masih ada yang belum berakhlakul karimah seperti memiliki sifat tidak hormat terhadap guru dan terhadap orang yang lebih tua darinya. Selain itu, ada juga anak yang menyakiti teman-temannya dan mengeluarkan perkataan yang tidak seharusnya dikatakan.

Pertanyaan dalam penelitian ini ialah bagaimana peran guru TPA Al Qur’anniyyah dalam membina akhlak anak di Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru TPA Al Qur’anniyyah dalam membina akhlak anak di Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang bersifat menyeluruh dalam mengamati permasalahan secara akurat mengenai fakta dan objek tertentu. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu induktif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Kesimpulan yang diperoleh bahwa peran guru dalam pembinaan akhlak anak di TPA Al-Qur’anniyyah dapat dilakukan dengan beberapa peran, yakni Peran Guru sebagai Tauladan (Model atau contoh) bagi anak, peran guru untuk membiasakan anak berakhlakul karimah, peran guru sebagai pengawas, dan peran guru sebagai penasehat bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:07
Last Modified: 02 Dec 2021 07:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item