Wahyuningsih, Ari (2021) Pengaruh Murottil Qur’an Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Bumi Ratu Nuban Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ARI WAHYUNINGSIH - 1701010009 - PAI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Murottil qur’an ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengukur dan mengetahui kemampuan membaca siswa dalam suatu lembaga pendidikan. Agar guru dapat mengetahui adakah kendala dalam kemapuan siswa membaca Al-Qur’an, juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur bagi siswa untuk mengetahui sampai mana kemampuan membaca Al-Qur’an mereka. Untuk guru pun juga dapat mengetahui apakah ada kekurangan ketika dalam mengajar atau pun ada hal yang lainnya.
Murottil qur’an ini dilaksanakan dengan guru menjelaskan tentang bagaimana membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan hukum bacaan ilmu tajwid, memperbaiki bacaan Al-Qur’an, menggali atau memperdalam ilmu bacaan Al-Qur’an, mengajari siswa membaca Al-Qur’an hingga benar-benar pandai membacanya, juga mengembanhkan daya ingat siswa dalam menghafal hukum-hukum bacaan Al-Qur’an.
Pertanyaan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Murotil Qur`an Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur`an Siswa kelas VII MTs Wali Songo Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah dan Apa saja kendala dalam Murottil pada siswa kelas VII di MTs Walisongo Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh murottil qur’an juga untuk mengetahui apa saja kendala dalam murottil qur’an.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dijadikan sebagai metode pokok, metode dokumentasi dan observasi dijadikan sebagai metode pendukung dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya ada pengaruh murottil qur’an dalam kemapuan membaca Al-Qur’an siswa,bacaan Al-Qur’an mereka bertambah baik. Akan tetapi tentu ada kendala yang terjadi pada saat murottil qur’an, baik terjadi pada dalam diri siswa itu sendiri ataupun pada proses pembelajaran. Akan tetapi, meskipun terdapat beberapa kendala dalam murottil qur’an ini tetap dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah menjadi tujuan murottil qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:08 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4940 |
Actions (login required)
View Item |