Hanifiah, Tuti (2021) Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTs Darul A’mal Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI TUTI HANIFIAH - 1601010075 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Guru Al-Qur’an berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, sebagai materi pokok yang harus diajarkan kepada peserta didik muslim di sekolah. Peran guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dapat diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Dalam pembelajaran di kelas guru Al-Qur‟an Hadist dapat mengajarkan materi Al-Qur’an Hadist dan menghubungkannya dengan membaca Al-Qur’an, terutama materi yang terkait dengan ayat-ayat Al-Qur’an.
Pertanyaan dari penelitian ini adalah bagaimana peran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII D MTs Darul A’mal Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTs Darul A’mal Metro. Untuk menjawab pertanyaan ini maka penelitian menggunakan penelitian lapangan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, triangulasi dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa Guru Al-Qur’an Hadits memiliki peran yang sangat penting dalam mengajarkan, membiasakan, dan membantu siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah. Sebagai pendidik, pengajar, dan motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, telah dijalankan dengan baik dan sebagaimana mestinya.
Kata Kunci : Peran guru Al-Qur’an Hadist
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:08 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4942 |
Actions (login required)
View Item |