Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro

Artika, Yuni (2021) Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YUNI ARTIKA - 1701010089 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena di dunia pendidikan dalam kemampuan membaca Al-Quran dimana masih banyak anak yang masih belum mampu membaca Al-Quran dengan benar baik seperti kelancaran secara tartil, fashohah sesuai makhraj dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, hal seperti inilah yang dapat membuat anak mudah bosan dengan metode pembelajaran Al-Quran yang digunakan. Untuk itu sekolah harus menggunakan metode pembelajaran metode yang tepat dan menyenangkan agar mampu menunjang pembelajaran dengan baik, dan salah satu metode yang tepat digunakan adalah metode Wafa.

Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro, dan Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an di SDIT Wahdatul Ummah Kota metro?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di SDIT wahdatul Ummah Kota Metro.

Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari SDIT Wahdatul Ummah kota Metro berkaitan dengan implementasi metode Wafa dalam meningkatkan membaca Al-Quran.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah SDIT Wahdatul Ummah telah terlaksana dengan baik meskipun belum maksimal. Penerapan metode Wafa menggunakan metode 5P (Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian, dan Penutup), adapun strategi yang digunakan TANDUR (Tanamkan, Amati, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan). Faktor pendukung metode Wafa di SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro adalah: metode yang terprogram secara baik, tersystem serta metode pembelajaran yang menyenangkan dan mampu mengaktifkan otak kanan serta gaya belajar yang berbeda dengan yang lain dilengkapi warna dan gambar yang menarik untuk dibaca peserta didik. Faktor pendukung ialah perbedaan individu dalam menangkap materi pembelajaran, kurangnya konsentrasi ketika pembelajaran atau fokus dan pelajaran yang telah dipelajari disekolahan tidak diulang-ulang kembali dirumah dan menjadikan penerapan metode wafa ini kurang progresif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:08
Last Modified: 02 Dec 2021 07:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4944

Actions (login required)

View Item View Item