Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-qur’an pada mata pelajaran qur’an hadits kelas VII MTs Ma’arif 04 Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah

Milatiah, Noor Khubbi (2021) Implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-qur’an pada mata pelajaran qur’an hadits kelas VII MTs Ma’arif 04 Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Noor Khubbi Milatiah_14115001.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Pengajaran Al-Qur’an memang sangat penting, karena sebagai pembumian Al-Qur’an di tengah masyarakat Islam, karena Al-Qur’an sendiri terdapat banyak keutamaan yang terkandung, khususnya keutamaan dalam membaca Al-Qur’an. Untuk menentukan suatu metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an memang sangat penting sekali, sehingga peneliti memilih tempat di MTs Ma’arif 04 Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah yang mana peneliti akan menerapkan metode An-nahdliyah sebagai alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengatahui implementasi metode an-nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VII MTs Ma’arif 04 Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau responden. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan peneliti menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh, baik data lapangan maupun data kepustakaan kemudian dikumpulkan dan diolah agar dapat ditarik suatu kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode an-nahdliyah yang diterapkan di MTs Ma’arif 04 menggunakan metode An-nahdliyah untuk saat ini dapat mengatasi kesulitan anak belajar membaca Al-Qur’an. Banyak perubahan yang terjadi, kegiatan belajar membaca Al-Qur’an juga lebih efektif dan sudah dilaksanakan dengan baik. Namun dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an masih ada beberapa anak yang masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an tetapi guru tetap membimbing anak tersebut sampai lancar dalam membaca Al-Qur’an. Metode an-nahdliyah dengan cara yang di tempuh guru dalam mengatasi anak yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an yaitu dengan cara menyimak dan menjelaskan kepada anak kesalahan yang dialami dan membenarkan bacaan ketika anak tersebut salah dalam membaca.

Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah & Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:32
Last Modified: 09 Nov 2021 04:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4948

Actions (login required)

View Item View Item