Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Pembelajaran Daring di Kelas IV SD Negeri 2 Metro Barat

Sagita, Emelda Novelia (2021) Analisis Pembelajaran Daring di Kelas IV SD Negeri 2 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EMELDA NOVELIA SAGITA - 1701050014 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan siswa pada umumnya dilaksanakan secara tatap muka. Namun, beberapa bulan lalu tugas guru mengalami perubahan akibat pandemi Covid-19. Virus ini membawa dampak yang signifikan bagi semua aspek termasuk aspek pendidikan. Beberapa upaya dilakukan seperti melaksanakan surat edaran kemendikbud bahwa kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan cara pembelajaran dalam jaringan (daring). Pelaksanaan pembelajaran daring diperlukan adanya perhatian seperti tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan oleh guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri 2 Metro Barat, guru memberikan tugas yang ada pada buku siswa melalui whatsapp group kemudian hasil kerja siswa dikirimkan kepada guru kelas melalui whatsapp. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran daring terdapat beberapa kendala seperti tidak semua siswa mempunyai handphone dan minimnya paket internet dari orangtua siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul analisis pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri 2 Metro Barat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana perencanaan pembelajaran daring dikelas IV SD Negeri 2 Metro Barat, bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring dikelas IV SD Negeri 2 Metro Barat dan bagaiamana penilaian pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri 2 Metro Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri 2 Metro Barat, pelakasanaan pembelajaran daring dikelas IV SD Negeri 2 Metro Barat dan penilaian pembelajaran daring dikelas IV SD Negeri 2 Metro Barat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, triangulasi, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Proses pembelajaran daring meliputi perencanaan pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran daring dan penilaian pembelajaran daring. Pembelajaran daring kurang efektif, karena dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa kurang antusias dalam pembelajaran karena guru dalam menggunakan model pembelajaran kurang bervariasi serta metode yang digunakan guru yaitu metode pemberian tugas sehingga membuat siswa menjadi bosan. Selain itu, dalam pembelajaran daring guru dan siswa harus memiliki fasilitas pembelajaran daring seperti komputer, handphone, pulsa atau paket internet. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran daring masih ada siswa yang belum memiliki handphone dan terkendala oleh keterbatasan pulsa atau paket internet.

Kata Kunci: Pembelajaran daring, Siswa, Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:09
Last Modified: 02 Dec 2021 07:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4956

Actions (login required)

View Item View Item