Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas VB MI Ma’arif NU 5 Sekampung

Oktaviana, Yunita (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas VB MI Ma’arif NU 5 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YUNITA OKTAVIANA -1701050048 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Ma‟arif NU 5 Sekampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika siswa, tes pemahaman konsep sifat-sifat bangun datar berdasarkan indikator pemahaman konsep, dan pedoman wawancara. Instrumen tes uraian sebanyak 10 soal pada pokok bahasan semester genap yaitu sifat-sifat bangun bangun datar. Subjek penelitian ini adalah kelas VB MI Ma‟arif NU 5 Sekampung sebanyak 22 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan indikator pemahaman konsep yaitu: 1) menyatakan ulang sebuah konsep, 2) mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya), 3) memberi contoh dan noncontoh dari konsep, 4) menyajikan konsep dari berbagai bentuk representasi matematis, 5) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, 6) mengaplikasikan konsep atau alogaritma pemecahan masalah.

Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pemahaman siswa terhadap konsep matematika berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 67%. Indikator yang dikuasai siswa dalam memahami konsep matematika ada pada menyatakan ulang sebuah konsep bangun datar dengan hasil persentase sebesar 93%, mengkalisikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep bangun datar dengan hasil persentase sebesar 90%, dan mengaplikasikan konsep bangun datar dalam pemecahan masalah dengan hasil persentase sebesar 60%.

Indikator yang kurang dikuasai siswa ada pada memberi contoh dan bukan contoh dari konsep bangun datar dengan hasil persentase sebesar 55%, menyajikan konsep dari berbagai bentuk representasi konsep bangun datar dengan hasil persentase sebesar 53%, dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep bangun datar dengan hasil persentase sebesar 50%.

Kata Kunci : Kemampuan pemahaman konsep mamematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:09
Last Modified: 02 Dec 2021 07:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item