Kurniawan, Fitriyani (2021) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 1 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FITRIYANI KURNIAWAN -1501050109 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil penilaian harian pada pembelajaran tematik tahun 2019/2020 terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM yang berlaku, dimungkinkan peserta didik masih banyak yang tidak memperhatikan pelajaran, serta mode l pembelajaran yang digunakan pendidik bersifat teacher center dan kurang bervariasi sehingga hasil belajar peserta didik cenderung rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV D MIN 1 Metro setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan mode l pembelajaran kooperatif tipe make a macth.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. subjek penelitian ini peserta didik kelas IV D MIN 1 Metro pada pembelajaran tematik semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 peserta didik terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Teknik pengumpula data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran tema 7 subtema 1, rata-rata ketuntasan pada siklus I adalah 54% dan pada siklus II mengalami peningkatan 31% menjadi 85% Dalam hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan presentase dari siklus I ke siklus II sebesar 31% dan telah mencapai ketuntasan belajar lebih dari 76% pada akhir siklus (Ranah Kognitif) dan pada ranah Afektif dari rata-rata 2,58 menjadi 3,16.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 76% pada pembelajaran tema 7 subtema 1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV MIN 1 Metro.
Kata Kunci: Penelitian, Hasil Belajar, Make a Match
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:09 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4959 |
Actions (login required)
View Item |