Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga pada produk industri mebel menurut perspektif ekonomi islam (Studi Kasus di Desa Buana Sakti Kecamatan Batanghari Lampung Timur)

Chandra, Arif Adi (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga pada produk industri mebel menurut perspektif ekonomi islam (Studi Kasus di Desa Buana Sakti Kecamatan Batanghari Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ARIF ADI CHANDRA_1704040113.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Harga sangatlah penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, bahkan semua hal yang kita lakukan dengan transaksi perlu menggunakan harga. Terdapat 3 usaha mebel yang tersebar diberbagai dusun di Desa Bana Sakti dengan rincian 2 usaha mebel yang sedang merintis atau dapat dikatakan produksinya tidak terlalu banyak dan 1 usaha mebel yang sudah berkembang pesat. Faktor dalam menetapkan harga sangatlah penting terutama dalam menjaga keberlangsungan usaha mebel tersebut. Pada dasarnya dalam hal perdagangan yang sesuai dengan syariat islam yaitu terdapat prinsip bebas dalam proses perdagangan dengan selalu mengharapkan keridhoan dari Allah SWT dan melarang adanya pemaksaan dalam setiap transaksi.

Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah Faktor Apa Yang Mempengaruhi Penetapan Harga Produk Industri Mebel Menurut Pandangan Ekonomi Islam di Desa Buana Sakti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan ini dilakukan dengan meneliti secara langsung permasalahan yang ada di lapangan agar mendapatkan hasil yang diinginkan secara maksimal. Yang dimaksud dalam penelitian lapangan yaitu Pihak Pengrajin Mebel di Desa Buana Sakti, Kecamatan Batanghari. Untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisis data temuan penelitian dapat disimpulkan, ketiga mebel di Desa Buana Sakti dalam metode penetapan harga, menggunakan metode Cost-Plus Pricing yaitu salah satu strategi yang sederhana dalam menentukan harga barang atau jasa dengan menambahkan biaya operasiaonal seperti material, tenaga kerja secara langsung.

Strategi penetapan harga jual produk yang digunakan yaitu penetapan harga jual oleh pasar yang artinya harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan juga penawaran dalam keadaan seperti ini penjualan tidak bisa menetapkan harga jual yang diinginkan. Harga penjualan mebel didasarkan pada aspek bahan baku dan tingkat kesulitan dalam menentukan harga. Penetapan harga dalam Islam yang dilakukan ketiga mebel sudah sesuai, Ketiga mebel ini dalam menjual barang melakukan transaksi atas dasar kesepakatan bersama dan tanpa ada unsur paksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:17
Last Modified: 11 Nov 2021 03:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item