Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan metode review dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Taruna Gajah Mada Metro

Triyani, Nugraha Devi (2021) Penerapan metode review dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Taruna Gajah Mada Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NUGRAHA DEVI TRIYANI 14115011 - Devi Syaebani.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan harian mata pelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat beberapa siswa yang belum tuntas karena proses pembelajarannya dilaksanakan kurang maksimal sesuai dengan materi pembelajaran. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah metode Review dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Taruna Gajah Mada Metro 2020-2021?”
Mengacu masalah tersebut diatas, penulis berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Review. Pada pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, tahaptahapnya adalah perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Review dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas X SMA Taruna Gajah Mada Metro 2020-2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan Metode Review dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas X SMA Taruna Gajah Mada Metro 2020-2021, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77,33% dan pada siklus II yaitu 80,63%. Artinya terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:02
Last Modified: 11 Nov 2021 06:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4973

Actions (login required)

View Item View Item