Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kerjasama guru pendidikan agama islam dan guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa SMP N 1 Sukadana Lampung Timur

Rantika, Fathia Dama (2021) Kerjasama guru pendidikan agama islam dan guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa SMP N 1 Sukadana Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FATHIA DAMA RANTIKA.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang penting guna membantu terbentuknya suatu peradaban yang baik. Dalam dunia pendidikan para Gurulah yang berperan aktif dalam membentuk suatu peradaban yang baik tersebut. Guru harus dapat menanamkan perilaku dan akhlak kepada setiap siswa, tentang akhlak manuisa kepada manusia, manusia kepada alam, dan manusia kepada tuhannya. Sebaba seperti yang kita ketahui bahwa dalam berjalannya suatu proses pendidikan tidak jarang kita temui banyak sekali siswa yang mengalami perubahan psikologis, sehingga dampak dari perubahan psikologis ini para siswa sering kali menunjukan sikap dan perbuatan yang kurang baik, banyak siswa yang sulit mengontrol perubahan polah tingkah, emosi serta rasa ingin tahu yang tinggi.

Maka peran guru Bimbingan konseling sangat di butuhkan guna membantu mereka agar dapat mengarahkan pada tingkah laku yang lebih baik, serta seperti yang kita ketahui bahwa akhlak dan perbuatan yang baik tentu harus di tanamankan pada diri siswa agar mereka dapat mengerti perbuatan apa saja yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, serta perbuatan yang di larang oleh ajaran agama, maka peran guru Pendidikan Agama Islam juga sangat di butuhkan
agar dapat menanamkan akhlak yang baik pada diri siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling dalam menangani Kenakalan Siswa SMP N 1 Sukadana lampung Timur. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang di gunakan peneliti yaitu primer dan skunder. Metode pengumpulan data data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Tekhnik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan triangulasi tekhnik, dan data-data yang diperoleh dari lapangan kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa di SMPN 1 Sukadana Lampung Timur banyak siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari para guru terkhusus Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling. Kenakalan yang di laukan siswa siswi SMP N 1 Sukadana tergolong kenakalan tingkat sedang hingga menengah, bentuk kenakalan tersebut seperti, merokok, melawan guru, merusak fasilitas sekolah, bullyng, berkelahi dan membolos. Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling di SMP N 1 Sukadana Lampung Timur berjalan dengan cukup baik namun karena bebetrapa hambatan maka kerjasama tersebut menjadi tidak optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:03
Last Modified: 11 Nov 2021 07:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4975

Actions (login required)

View Item View Item