Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran orang tua dalam pembelajaran daring pada pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Totokaton

Oktaviani, Sita Dinda (2021) Peran orang tua dalam pembelajaran daring pada pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Totokaton. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Sita Dinda Oktaviani.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pada pembelajaran daring orang tua memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran siswa. Namun pada pelaksanaannya, berdasarkan hasil prasurvey rata-rata orang tua merasa keberatan dalam mendidik anak selama pembelajaran daring. Baik dikarenakan kesibukan orang tua, orang tua yang merasa harus belajar kembali untuk mengajarkan anak-anak, serta orang tua yang sering kali tidak sabar dalam mengajarkan materi kepada anak, sehingga anak kurang mendapatkan peran orang tuanya.

Berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring pada pelajaran IPS kelas IV SDN 1 Totokaton.

Penelitian ini merupakan penelitian deskripsif kualitatif, yang mengambil lokasi penelitian di SDN 1 Totokaton. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu orang tua siswa dan sumber data sekunder yaitu siswa, guru, serta dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi.

Hasil data penelitian yang diperoleh berdasarkan indikator peran orang tua yang meliputi orang tua sebagai motivator, fasilitator, pengawas, serta evaluator yaitu dari enam sampel orang tua, empat diantaranya sudah berperan dalam memberi semangat dan menasihati anak, menyediakan fasilitas untuk anak belajar daring, mengawasi anak dalam proses pembelajaran daring, serta mengevaluasi perkembangan dan penguasaan anak terhadap materi pembelajaran. Serta dua sampel orang tua yang kurang berperan dalam pembelajaran daring anak, dikarenakan kesibukan pekerjaan orang tua. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring anak sudah cukup baik karena empat dari enam sampel orang tua berperan dalam memotivasi, memfasilitasi, mengawasi, serta mengevaluasi anak dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:24
Last Modified: 11 Nov 2021 06:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4977

Actions (login required)

View Item View Item