Gicella, Yegi (2021) Analisis kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas V MIN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
YEGI GICELLA.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika, karena kemampuan komunikasi matematis merupakan tujuan yang harus dicapai siswa dalam belajar matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh pada pembelajaran matematika membantu melatih siswa menyelesaikan permasalahan dalam kehidupann sehari-hari. Namun, kemampuan komunikasi matematis siswa MIN 1 Metro masih tergolong rendah, hal ini terbukti dalam menyelesaikan soal-soal matematika siswa masih kesulitan. Siswa juga cenderung belum mampu untuk mengungkapkan kembali ide-ide matematika yang mereka miliki dalam menyelesaikan soal matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MIN 1 Metro pada pembelajaran matematika dengan menggunakan indikator yaitu written text, drawing dan mathematical expression. Jenis an yang digunakan adalah an deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Subjek an ini adalah 9 siswa kelas V MIN 1 Metro yang diambil berasal dari pengelompokkan kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari 5 soal uraian dan pedoman wawancara.
Hasil an menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan komunikasi di kelompok rendah kurang mampu dalam memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu dimana siswa tidak mampu dalam menggali informasi yang ada pada soal, tidak mampu dalam mengemukakan ide-ide matematika dengan baik, siswa juga kurang teliti dalam menggambarkan sketsa gambar. Siswa dengan kemampuan komunikasi pada kelompok sedang rata-rata siswa hanya memenuhi dua indikator dari indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu sebagian besar mereka menuliskan jawaban namun kurang lengkap. Dan siswa dengan kemampuan komunikasi pada kelompok tinggi mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang baik dan hampir mampu menguasai ketiga indikator, yaitu siswa mampu menjelaskan hasil jawaban menggunakan bahasa sendiri, menggambarkan sketsa, menuliskan keterangan pada gambar dengan tepat serta mampu menyatakan peristiwa sehari-hari ke dalam bahasa atau simbol matematika.
Kata Kunci : Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 06:09 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 06:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4979 |
Actions (login required)
View Item |