Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh kemampuan komunikasi guru dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa SD IT Baitul Muslim Lampung Timur

Carsila, Dinda Anggun (2021) Pengaruh kemampuan komunikasi guru dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa SD IT Baitul Muslim Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DINDA ANGGUN CARSILA.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi guru merupakan kemampuan yang dimiliki guru pada bidang kompetensi pendagogik. Melalui kemampuan komunikasi guru sebagai sumber menyampaikan informasi dalam materi pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan metode online/daring agar siswa menerima berbagai pesan sebagai respon sehingga terjadi minat belajar dalam diri siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi guru dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa SD IT Baitul Muslim.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini penulis melakukan penelitian berbentuk kuantitatif yang bersifat korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SD IT Baitul Muslim Lampung Timur yang berjumlah 256 siswa serta 9 guru. Penggunaan sampel menggunakan metode Proporsional Random Sampling. Jumlah sampel untuk kelas IV sebanyak 4 orang, kelas V sebanyak 4 orang dan kelas VI sebanyak 4 orang dengan total responden sebanyak 12 dan 9 orang guru. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa SD IT Baitul Muslim Way Jepara Lampung Timur. Berdasarkan perhitungan uji t sebesar 2,668, sedangkan pada ttabel adalah 2,228 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Dari hasil peneitian ini diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,379. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,379 atau sama dengan 37,9%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel kemampuan komunikasi guru dalam pembelajaran daring (X) berpengaruh terhadap variabel minat belajar siswa (Y) sebesar 37,9%. Sedangkan sisanya (100% - 37,7% = 62,1%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Daring, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:06
Last Modified: 11 Nov 2021 06:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item View Item