Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Bibit Tanaman Melalui Marketplace (Studi di Desa Pekalongan, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur)

Siswanto, Pramudia (2021) Strategi Pemasaran Bibit Tanaman Melalui Marketplace (Studi di Desa Pekalongan, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PRAMUDIA SISWANTO -1704040148 - ESy.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu perusahaan yang memproduksi barang dan jasa. Pemasaran secara online terutama di marketplace untuk pemenuhan kebutuhan ritel konsumen menjadi sebuah tantangan yang harus dipertimbangkan oleh para pemasar. Oleh karena itu karena suatu strategi pemasaran dalam suatu usaha harus dilakukan dengan tepat. Dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang dgunakan untuk melayani pasar sasaran. Salah satu alat untuk menyusun strategi pemasaran agar berhasilnya suatu usaha yaitu dengan mengunakan bauran pemasaran (marketing mix).

Dalam penelitian ini peneliti akan mengkaji tentang strategi pemasaran bibit tanaman melalui marketplace di desa Pekalongan. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sesuai dengan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yakni suatu penelitian yang memfokuskan pada penelitan lapangan (Field Research). Dalam pengambilan sampel wawancara menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling.

Berdasarkan hasil penelitian, yang dilakukan di lima toko bibit tanaman di marketplace, peneliti menemukan hasil strategi pemasaran yang digunakan oleh kelima toko tersebut yaitu menggunakan strategi pemasaran bauran pemasaran 7P, product, price, plate, promotion, people, proses, physucal evidence, dan strategi pemasaran segmentation, targeting, positioning. Pedagang tanaman di marketplace menggunakan bisnis C2C (consumer to consumer) yang mana konsumen dapat berjualan dagangannya kepada konsumen lain, dimana marketplace berperan sebagai pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:20
Last Modified: 08 Dec 2021 03:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item View Item