Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Usaha Aluminium Terhadap Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga (Studi Pada Pengusaha Muslim di Desa Raman Aji Lampung Timur)

Suryani, Ine (2021) Strategi Promosi Usaha Aluminium Terhadap Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga (Studi Pada Pengusaha Muslim di Desa Raman Aji Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI INE SURYANI - 1702040035 - ESy.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penerapan bauran promosi pada perusahaan atau bisnis usaha sangat berpengaruh dalam mendorong perkembangan bisnis. Media promosi yang diterapkan tempat Usaha Aluminium Anugrah yaitu: penjualan perseorangan (personal selling), publisitas (publicity), promosi penjualan (sales promotion) dan komunikasi mulut ke mulut (word of mounth). Keberhasilan suatu perusahaan atau bisnis dapat ditentukan dengan menerapkan bauran promosi sebagai strategi untuk meningkatkan pendapatan. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian terkait strategi promosi Usaha Aluminium Anugrah terhadap peningkatan ekonomi rumah tangga.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan penulis adalah peneilitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer yang diperoleh dari pemilik Usaha Aluminium Anugrah, karyawan, dan konsumen. Sumber data sekunder diperoleh peneliti dari buku-buku yang terkait bauran promosi, manajemen strategis, pemasaran digital, komunikasi pemasaran, dan manajemen bisnis usaha kecil. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan metode berfikir secara induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Aluminium Anugrah belum menjalankan startegi bauran promosi secara keseluruhan. Namun, telah menerapkan strategi promosi secara maksimal seperti penjualan perseorangan (personal selling), publisitas (publicity), promosi penjualan (sales promotion), dan komunikasi mulut ke mulut (word of mounth), sehingga mengalami peningkatan pendapatan ekonomi rumah tangga baik pemilik usaha maupun karyawannya. Penghasilan sebelumnya yang diperoleh pemiliki mulai dari kisaran Rp. 7.000.000 sampai dengan Rp. 8.000.000, kini mencapai Rp. 13.000.000 sampai dengan Rp. 16.000.000 perbulan. Sedangkan karyawannya sebelum bekerja ditempat usaha aluminium tersebut memiliki penghasilan kisaran Rp. 700.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 kini dapat memperoleh pendapatan mulai dari Rp. 2.000.000 sampai dengan Rp. 2.500.000 perbulan bisa lebih disesuaikan dengan berapa banyak pesanan yang dikerjakan.

Kata Kunci: strategi promosi, ekonomi kreatif, ekonomi rumah tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:20
Last Modified: 08 Dec 2021 03:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4992

Actions (login required)

View Item View Item