Permana, Eda Tegar (2021) Peran Teknologi Digital Terhadap Maksimalisasi Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kopi Cap Kuda Baru Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI EDA TEGAR PERMANA -1502040144 - ESy.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Strategi digital marketing merupakan strategi yang memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet. Dengan penggunaan internet para UMKM dapat mempromosikan usahanya dengan biaya yang terjangkau dan dapat di akses secara global. Dalam menjalankan strategi pemasaran, peran teknologi digital tentu sangat penting, karena teknologi digital dapat digunakan UMKM untuk membantu meraih pasar yang dituju sehingga volume penjualan dapat meningkat dan profit. Hal tersebut dikarenakan jumlah pengguna internet maupun pengguna social media yang semakin hari semakin bertambah akan membuka peluang bagi UMKM untuk mengembangkan pasarnya dengan memanfaatkan teknologi digital.
Penelitian ini bertujuan mengetahui peran teknologi digital terhadap maksimalisasi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kopi Cap Kuda Baru Metro.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode wawancara dan dokumentasi, Data hasil temuan yang didapat digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan peran teknologi digital terhadap maksimalisasi produk produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kopi Cap Kuda Baru Metro berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. UMKM Kopi Cap Kuda Baru menggunakan E-marketing dengan menggunakan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran secara optimal serta upaya pengembangan atau penyesuaian konsep pemasaran yaitu untuk dapat memasarkan produk secara luas, dan dapat berkomunikasi dalam cakupan global. Bentuk teknologi digital yang digunakan biasa disebut dengan social networking. Pada social networking ini UMKM Kopi Cap Kuda Baru berfokus pada aplikasi Facebook, Instagram dan Shopee sebagai media yang digunakan untuk melakukan promosi kepada masyarakat luas sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk membeli.
Kata Kunci: Teknologi Digital, UMKM, Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:53 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4994 |
Actions (login required)
View Item |