Ramandika, Aris (2021) Implementasi Strategi Personal Selling dalam mempertahankan citra baik pada Bank BRI Syariah KCP Sribawono. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ARI RAMANDIKA - 141258810.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan persaingan antar bank semakin ketat dengan ditandai berdirinya bank-bank syariah dengan sistem pemasaran produk yang beragam. Bagi dunia perbankan yang merupakan badan usaha yang berorientasi profit, kegiatan pemasaran sudah merupakan suatu kebutuhan utama. Untuk keberhasilan pemasaran diperlukan perangkap kegiatan operasional atau disebut dengan bauran pemasaran (marketing mix), salah satunya adalah dengan promosi. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mempromosikan produk salah satunya dapat dilakukan dengan personal selling. Personal selling adalah penjualan pribadi yang melibatkan komunikasi interpersonal antara pembeli dan penjual guna memenuhi kebutuhan pembeli untuk kepentingan kedua belah pihak.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui implementasi Strategi Personal Selling dalam mempertahankan citra baik pada Bank BRI Syariah KCP Sribawono. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi personal selling yang dilakukan oleh pihak BRI Syariah KCP Sribawono belum sepenuhnya memenuhi kriteria strategi personal selling yang baik, karena baru sebatas komunikasi dengan pelanggan secara pribadi, melakukan presentasi dengan kelompok nasabah, dan presentasi penjualan di hadapan kelompok nasabah. Namun untuk yang penjualan melalui konferensi dan melalui seminar belum dilakukan. Citra BRI Syariah KCP Sribawono di mata nasabah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari motivasi nasabah menabung di BRI Syariah KCP Sribawono dikarenakan fasilitas yang dimiliki BRI Syariah KCP Sribawono cukup lengkap seperti tabungan-tabungan yang berlandaskan syariah serta kemudahan-kemudahan dalam menabung pada produk-produk yang ada. Selain itu, persyaratan menabung cukup mudah dan pelayanan yang diberikan oleh karyawan sangat baik. Selain itu juga dikarenakan prinsip syari’ah yang diterapkan, pelayanan dan fasilitas yang diberikan sangat baik, serta baiknya fitur-fitur produk yang diberikan. Selain itu, respon nasabah terhadap produk-produk yang dijual di BRI Syariah KCP Sribawono, cukup baik hal ini dikarenakan terdapat banyak kemudahan dalam menggunakan produk-produk di BRI Syariah KCP Sribawono, seperti setoran awal lebih ringan dibanding tabungan konvensional dan gratis biaya administrasi bulanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 04:38 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 04:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5006 |
Actions (login required)
View Item |