Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pemaksimalan Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Kafe Kayu Watu Metro

Rohmadi, . (2021) Pemaksimalan Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Kafe Kayu Watu Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ROHMADI -1704040156 - ESy.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan ekononomi di Indonesia saat ini cukup pesat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya bisnis yang berkembang, diantaraya bisnis kuliner. Bisnis kuliner memang cukup menjanjikan namun perlu strategi yang tepat agar tetap dapat selalu meningkatkan penjualan apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Salah satu strategi populer adalah straategi marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place and promotion, people, proces and physical evidence sebagai komponen pemasaranya. Pemaksimalan yang dilakukan disetiap komponen akan berpengaruh terhadap penjualan pada bisnis kuliner tersebut.

Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah pemaksimalan bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada Kafe Kayu Watu Metro.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam analisis penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan suatu situasi atau kondisi yang bersifat fakta. Sedangkan dalam mengumpulkan data-data, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.

Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisis data temuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: kafe kayu watu metro telah menerapkan dan memaksimalkan unsur-unsur dalam bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, promosi, orang, proses dan bukti fisik dimasa pandemi. Kal ini terbukti kafe kayu watu dapat bangkit dan meningkatkan penjualan dimasa pandemi. Namun masih ada beberapa omponen yang masih kurng maksimal dalam pemaksimalanya, yakni komponen harga dan promosi. Strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh kafe kayu watu metro sudah sesuai dengan konsep ekonomi Islam. Dimana kafe kayu watu metro menjalanan usaha kuliner tanpa ada kecurangan dan hal hal yang dilaranga agama Islam.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Peningkatan Penjualan,Covid-19, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Nov 2021 12:03
Last Modified: 23 Nov 2021 12:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item