Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Bimbingan Konseling Islam terhadap Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Kurnia Poncowati

Permatasari, Putri (2021) Implementasi Bimbingan Konseling Islam terhadap Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Kurnia Poncowati. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
PUTRI PERMATASARI 1703020019 BPI-1 - Putri Permatasari.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Bimbingan konseling Islam terhadap anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Kurnia Poncowati dilatar belakangi dengan adanya kebutuhan untuk anak di sekolah salah satunya untuk anak tunagrahita. Anak tunagrahita merupakan anak yang mempunyai hambatan kemampuan IQ di bawah rata-rata yang mempunyai efek kesulitan berfikir, kesulitan untuk belajar, tidak mampu mengurus diri sehingga memerlukan bantuan dalam menghadapi hambatan yang ada di diri mereka kemudian Bimbingan Konseling Islam mempunyai solusi untuk menangani anak tunagrahita. Seperti tujuan Bimbingan Konseling Islam pun sesuai untuk kegiatan dilakukan yaitu memberikan bantuan kepada klien untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri klien serta membantu memberikan solusi dalam masalah yang dialami oleh klien. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Bimbingan Konseling Islam terhadap anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Kurnia Poncowati dan untuk mengetahui dampak setelah dilakukan Implementasi Bimbingan Konseling Islam bagi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Kurnia Poncowati.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Dan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria beberapa indikator informan yang terkait dalam penelitian ini.
Hasil penelitian skripsi ini yaitu, Pertama, Pelaksanaan Bimbingan Konseling diberikan sesuai dengan kebutuhan anak seperti anak tunagrahita yang kurang IQ nya diberikan pelajaran yang sesuai dengan kemampuannya dan menggunakan metode induvidu dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam kemudian materi yang diberikan sesuai dengan kemampuan anak, materi yang diberikan tidak hanya materi umum saja tetapi materi yang berhubungan dengan agama islam seperti belajar bacaan shalat, menghafal surah pendek, dan mengenal huruf hijaiyah pun diberikan sesuai dengan kegiatan yaitu Bimbingan Konseling Islam. Kedua, Dampak setelah dilakukan Implementasi Bimbingan Konseling Islam terhadap anak berpengaruh positif untuk anak, seperti pengetahuan materi akademik anak bertambah, bina diri anak membaik walaupun perubahan itu tidak signifikan tetapi setelah dilakukan bimbingan konseling terhadap anak mempunyai perubahan yang cukup baik untuk anak. Kemudian dampak untuk rohani anak, anak tunagrahita dapat melakukan shalat, memahami huruf hijaiyah serta menghafal surah pendek walapun saat anak mempraktekannya masih memerlukan bimbingan ini merupakan salah satu kekurangan mereka yaitu kurangnya daya ingat dikarenakan IQ yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 23 Nov 2021 12:05
Last Modified: 23 Nov 2021 12:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item View Item