Septiana, Nena (2021) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Rawa Betik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SEKRIPSI NENA SEPTIANA - 1701050072 - PGMI.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Pendekatan saintifik adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menekakan pada aktivitas siswa melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membuat jejaring pada kegaiatan pembelajaran di sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah tentang pendekatan saintifik pada pembelajaran tema seperti siswa masih banyak yang tidak bertanya, diamnya siswa tidak terindikasi apakah mereka faham atau tidak. Siswa juga belum mampu untuk melakukan tahapan mengasosiasikan dengan tepat dan mereka masih belum mau untuk mengomunikasikan hasil belajarnya secara langsung tanpa adanya stimulus dari guru.
Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi implementasi pendekatan saintifik dan faktor penghambatnya pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Rawa Betik. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif pendekatan deskriptif. Sumber data yakni wali kelas IV. Lokasi penelitian berada di SDN Rawa Betik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulas dengan tiga tahapan yakni mereduksi data, triangulasi dan menarik kesimpulan.
Hasil penerlitian ini bahwa pendekatan saintifik sudah dilakukan tetapi belum maksimal karena meskipun telah menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang mengacu pada pendekatan saintifik siswa masih banyak yang diam saja saat proses menanya dan saat mengasosiasi masih ada beberapa siswa yang melakukannya dengan kurang tepat, bahkan jarang ada yang mau mengomunikasikan. Perencanaan yang dilakukan guru kelas IV dalam pembelajaran menggunakan RPP, dengan melakukan pemilihan materi. Proses pembelajarannya menerapkan tujuh kriteria. Sedangkan evaluasi diambil dari nilai kuis, pertanyaan lisan, ulangan harian, ulangan blok, dan tugas individu atau kelompok, dan lembar observasi dengan menilai keempat aspek yakni kognitif, afektif, spiritual dan psikomotor mengakumulasi kemudian dibagi dengan banyak aspek yang dinilai. Faktor penghambat seperti guru memiliki keterbatasan waktu dalam mengajar, siswa kurang merespon pada saat menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik dan siswa kurang kondisional saat pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Implementasi pendekatan saintifik, Pembelajaran tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:54 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5029 |
Actions (login required)
View Item |