Aliza, Lusi Nur (2021) Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif Nu 7 Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSIII bab 1-5 Lusi NA fiks.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Disiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Kedisiplinan sangat diperlukan oleh setiap pesrta didik sebagai salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang baik dalam pendidikannya, karena hasil belajar yang baik merupakan salah satu indikator keberhasilan proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo?”
Sedangkan tujuannya adalah Untuk mengetahui adanya pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode quisioner (angket) dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi dari responden, jenis angket langsung dan bersifat tertutup yatu jenis angket yang sudah tersedia jawabannya. Teknik analisis data dengan menggunakan Chi Kuadrat (x2).
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo.” Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo yang berjumlah 102 siswa, yang terdiri dari empat kelas yaitu A,B, C, dan D.
Selanjutnya, hasil perhitungan hasil penelitian, menunjukkan bahwa harga Chi Kuadrat (x2) hitung sebesar 15,24 sedangkan harga Chi Kuadrat (x2) pada tabel dengan taraf signifikan 5% = 9,488. Berdasarkan hasil tersebut maka Chi Kuadrat (x2hit) lebih besar daripada harga Chi Kuadrat (x2tabel) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan tingkat pengaruh cukup. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kedisiplinan terhadap hasil koefisien determinansi, kedisiplinan berpengaruh sebesar 33,32% dalam mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo. Kemudian 66,68% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal maupun eksternal dari diri pribadi siswa. Meskipun pengaruh antar kedua variabel tersebut tergolong cukup, namun hal tersebut tidak boleh diabaikan dan kedisiplinan sangat penting untuk terus dilakukan agar hasil belajar akan mengalami peningkatan. Disiplin dalam suatu pendidikan bukan hanya untuk menjaga suasana belajar dan mengajar berjalan saja, tetapi untuk membentuk pribadi siswa yang kuat. Dengan adanya kedisiplinan, siswa akan terbantu untuk mencapai tujuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 08:04 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 08:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5030 |
Actions (login required)
View Item |