Miftahudin, . (2021) Analisis Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Mahmudah Siswa MTs Guppi 2 Untoro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Akhlak mahmudah merupakan salah satu akhlak yang tepuji dan yang sama saja berhubungan dengan akhlak karimah atau akhlak yang mulia dari perbuatan manusia itu sendiri, dapat dilihat dari perbuatan terpuji nya dan perbuatan mulia nya. Demi terciptanya generasi-generasi yang berakhlak mulia dibutuhkan peran dari orang tua dan guru untuk memberikan contoh yang baik terhadap para anak-anaknya guna menciptakan hubungan yang harmonis dan kehidupan yang rukun antar siswa satu dan siswa yang lainnya. Untuk itu butuh kedekatan-kedekatan dari orang tua dan guru untuk menjadikan emisional anak yang baik agar terciptanya sebuah kecerdasan emosional yang baik untuk siswa agar beriringan dengan akhlak karimah siswa tersebut sesuai ajaran islam yang bersumber dari Alquran dan hadist.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang akhlak mahmudah yang terletak pada diri siswa di MTs GUPPI 2 Untoro kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah dan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yangi menghambat dan mendukung akhlak mahmudah siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif lapangan, penelitian ini merupakan proses penelitian yang langsung terjun kelapangan untuk memperoleh data-data tentang analisis kecerdasan emosional terhadap akhlak mahmudah siswa. Sumber data penelitian tersebut menggunakan jenis sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data tersebut menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trigulasi sumber dan teknik trigulasi data. Teknik analisis data menggunakan data reduksi data ( reduction ) dan penyajian data ( data display ) serta conclusion drawing/verification. Analisis data ini digunakan untuk mengetahui analisis kecerdasan emosinal terhadap akhlak mahmudah siswa di MTs GUPPI 2 Untoro.
Berdasarkan analisis yang penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis kecerdasan emosional terhadap akhlak mahmudah siswa masih kurang baik. Dikarenakan karena dari pihak orang tua yang kurang adanya dorongan atau semnagat untuk para siswa serta kurang adanya bimbingan khusus dan motivasi dari para guru untuk siswa-siswa yang masih memiliki akhlak mahmudah yang kurang baik serta dari kecerdasan emosional siswa yang masih labil dikarenakan patokan umur yang masih menginjak usia belasan tahun.
Faktor penghambat siswa dalam akhlak mahmudah yang kurang baik dikarenakan kurangnya interaksi dan komunikasi yang baik antar siswa dan guru, sehingga mengakibatkan siswa tidak ada kedekatan yang baik terhadap guru, kurang adanya motivasi dan perhatian khusus dari guru ataupun dari orang tua siswa, sehingga mereka menggunakan cara mereka sendiri untuk bergaul.
Faktor pendukung siswa dalam akhlak mahmudah adalah dari lingkungan masyarakat yang menurut para siswa cukup mendukung dan bergaul terhadap siswa, adanya ajakan dari teman untuk sekolah di MTs GUPPI 2 Untoro, sehingga para siswa bersemangat untuk memilih sekolah di MTs GUPPI 2 Untoro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 08:12 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 08:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5031 |
Actions (login required)
View Item |