Silfiyani, Linda Agus (2021) Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al Khoirat Guppi Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
LINDA AGUS SILFIYANI.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
hidupan peserta didik. Pendidikan Islam dapat membimbing dan mempelopori perubahan pola kehidupan yang secara langsung dapat mempengaruhi kehidupan peserta didik kepada nilai-nilai Islam. Latar belakang dari penelitian ini adalah sebagian siswa belum menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, diantarannya siswa tidak disiplin ketika sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah tiba mereka harus diarahkan dengan gurunya terlebih dahulu bahkan didampingi, meskipun sudah diarahkan dan didampingi ada sebagian siswa yang menyelinap ke kantin karena malas untuk menjalankan aturan yang sudah diwajibkan di Madrasah Aliyah tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Al-Khoirat GUPPI Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru akidah akhlak, dalam Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Al-Khoirat GUPPI Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Al-Khoirat GUPPI Buyut Udik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan nilainilai pendidikan Islam terhadap peserta didik, melalui: (1) Pemberian motivasi, (2) Pemberian bimbingan, (3) Latihan pembiasaan. Upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Al-Khoirat GUPPI Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah, telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan berhasil dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada peserta didik seperti berdoa, bershalawat, membaca Al-quran, shalat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:50 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5039 |
Actions (login required)
View Item |