Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas III MIM Banarjoyo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021

Santika, Media (2021) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas III MIM Banarjoyo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Kedisiplinan belajar sangat besar peranannya terhadap hasil belajar. Karena dengan adanya disiplin belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi siswa yang memiliki disiplin belajar yang kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kenyataan yang berkaitan dengan kedisiplinan belajar bahwa masih adanya siswa yang tidak bisa menjaga sikapnya di kelas sehingga menyebabkan kondisi kelas menjadi tidak kondusif seperti kelas yang menjadi ramai. Nilai yang masih di bawah KKM terjadi karena kurangnya kedisiplinan belajar siswa di sekolah maupun di rumah. Para siswa masih banyak yang tidak bisa mengatur jadwal belajar dan jadwal bermain. Terlebih apabila ada teman yang main ke rumah ataupun ada acara televisi yang menarik bagi anak seumurannya, mereka cenderung akan menunda belajarnya dan lebih memilih menonton televisi ataupun bermain dengan temannya.

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas III MIM Banarjoyo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIM Banarjoyo Kecamatan Batanghari Lampung Timur yang berjumlah 26 siswa. Untuk memperoleh datadata yang diperlukan peneliti menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh, baik data lapangan maupun data kepustakaan kemudian dikumpulkan dan diolah agar dapat ditarik suatu kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kedisiplinan belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Muhammadiyah Banarjoyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini terbukti dengan nilai 2 Xhit yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar jika dibandingkan dengan nilai Chi Kuadrat yang ada pada tabel baik pada taraf signifikansi 5 % maupun taraf signifikansi 1 %, maka dengan demikian dapat disederhanakan menjadi 5,991 < 20.27 > 9,210. Sedangkan besar pengaruhnya di dapat nilai KK = 0,66 terletak pada interval 0,600 sampai 0,800 termasuk dalam kategori Cukup.

Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:23
Last Modified: 15 Dec 2021 03:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item View Item