Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengrajin Besek Bambu dalam Meningkatkan Penjualan (Kampung Srimulya Jaya Kec. Seputih Surabaya Kab. Lampung Tengah)

Halizah, Sariul (2021) Strategi Pengrajin Besek Bambu dalam Meningkatkan Penjualan (Kampung Srimulya Jaya Kec. Seputih Surabaya Kab. Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SARIUL HALIZAH NPM. 1704040158 - Sariul Halizah.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah cara untuk mencapai tujuan perusahaan dalam rangka meningkatkan penjualan dan target pasar melalui bauran pemasaran yang meliputi strategi Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Besek merupakan kerajinan yang terbuat dari bambu yang dianyam berbentuk segi empat yang mempunyai fungsi sebagai wadah/tempat makanan yang biasa digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengrajin besek bambu dalam meningkatkan penjualan meliputi implementasi pengrajin dalam menerapkan strategi pemasaran dan inovasi apa yang dilakukan oleh pengrajin besek bambu.. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang menemukan dan menggambarkan secara naratif dari kegiatan yang dilakukan.
Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data yang peneliti peroleh adalah bahwa strategi yang diterapkan pengrajin besek bambu di Kampung Srimulya Jaya ini meliputi strategi harga, besek bambu yang dipasarkan tergolong murah dan mampu bersaing dipasaran. Strategi produk, produk yang dihasilkan berupa besek bambu biasa dan pengrajin membuat inovasi produk yaitu besek bambu hias untuk tempat souvenir pernikahan dan wadah makanan. Strategi tempat, pemasaran yang dilakukan pengrajin secara langsung kepada konsumen dan melalui agen atau pengepul sehingga konsumen mudah mendapatkan produk besek bambu ini serta pemasaran online melalui sosial media seperti WhatsApp, Facebook dan instagram.Strategi promosi yang dilakukan oleh para pengrajin besek bambu pun melalui media digital yaitu sosial media. Sedangkan upaya pengrajin besek bambu dalam meningkatkan penjualan dengan melakukan inovasi dan memenuhi permintaan konsumen yang memesan produk besek untuk dihias. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan konsumen dan menarik minat konsumen lain untuk membeli produk besek bambu pengrajin dan upaya pengrajin mengenalkan produknya serta mengikuti tren pasar agar dapat selalu eksis serta bertahan menjalankan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:11
Last Modified: 02 Dec 2021 07:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item