Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Manajemen Pelayanan dalam Kepuasan Calon Jamaah Haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Alfaluhus Saadah Kota Gajah Lampung Tengah

Malik, Abdul (2021) Manajemen Pelayanan dalam Kepuasan Calon Jamaah Haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Alfaluhus Saadah Kota Gajah Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ABDU MALIK 1704010001.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Manajemen Pelayanan dalam Kepuasan Calon Jamaah Haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Alfalahus Saadah Kota Gajah Lampung Tengah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yaitu Bagaimana manajemen pelayanan terhadap calon jamaah haji di KBIH Alfalahus Saadah Kota Gajah Lampung Tengah dan bagaimana kepuasan calon jamaah haji terhadap pelayanan di KBIH Alfalahus Saadah Kota Gajah Lampung Tengah.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : KBIH Alfalahus Saadah, pada dasarnya telah menerapkan fungsi manajemen mualai dari perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan. Walaupun KBIH Alfalahus Saadah belum menerapkan fungsi manajemen dalam pengorganisasian, tetapi jamaah yang melakukan bimbingan di KBIH Alfalahus Saadah setiap tahunnya mengalami peningkatan meskipun KBIH Alfalahus Saadah hanya di bantu oleh karyawan seorang diri. Kepuasan calon jamaah haji terhadap pelayanan di KBIH Alfalahus Saadah Kota Gajah Lampung Tengah dipengaruhi oleh pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan jamaah, harga yang sesui dengan yang diberikan, bisa melakukan bimbingan di luar jam yang sudah ditentukan agar jamaah yang belum mengerti tentang materi ibadah haji dapat bertanya kepada pembimbing, pelayanan yang memuaskan jamaah serta beberapa faktor yang sejalan dengan teori-teori tentang faktor yang mempengaruhi kepuasan jamaah.

Kata Kunci : Manajemen Pelayanan, Kepuasan calon Jamaah haji, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:54
Last Modified: 13 Dec 2021 08:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5048

Actions (login required)

View Item View Item