Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru TPA Dalam Pembinaan Akhlak Anak Di TPA Darussalam Desa Wonorejo Lampung Tengah

Triyani, Eka (2021) Upaya Guru TPA Dalam Pembinaan Akhlak Anak Di TPA Darussalam Desa Wonorejo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EKA TRIYANI -1801010036 - PAI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Dalam Islam akhlak berada pada posisi khusus. Hal ini di dasarkan pada prinsip bahwa Rasulullah SAW menetapkan integritas akhlak sebagai misi utama dari risalah islam. Akhlak juga merupakan ukuran keimanan seseorang kepada Tuhan. Akhlak dapat di bina oleh lembaga formal dan informal, yang di mulai sejak anak usia dini. Namun, pembinaan akhlak anak juga dapat dilakukan oleh lembaga non formal seperti TPA Darussalam. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya beberapa anak TPA terutama anak yang memikiki usia 6-12 tahun, masih ada beberapa anak yang memiliki akhlak kurang baik, seperti berbohong, saling bermusuhan dengan teman, saling membicarakan teman satu dengan yang lainnya, tidak patuh kepada orang tua, membantah orang tua, tidak sopan di hadapan guru dan sebagainya. Dengan latar belakang seorang anak TPA sudah sepatutnya para anak TPA memiliki akhlak yang baik namun kenyataannya malah sebaliknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru TPA dalam pembinaan akhlak anak di TPA Darussalam Desa Wonorejo Lampung Tengah dan faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak anak di TPA Darussalam. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penelitiannya untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian upaya yang dilakukan guru TPA dalam pembinaan akhlak anak yaitu seorang guru memberikan motivasi, bimbingan dan pembiasaan. Semuanya itu saling berkesinambungan dan sangat berpengaruh dalam pembinaan akhlak anak TPA. Selain itu ada beberapa faktor pendukung akhlak anak TPA yaitu orang tua, motivasi dan lingkungan. Peneliti juga melihat beberapa anak yang memiliki akhlak yang kurang baik, hal ini disebabkan karena salah memilih teman sebaya, tayangan televisi yang kurang edukatif dan akses konten negatif masih sangat mudah melalui handphone atau media massa. Kedua hal tersebut merupakan penghambat pembinaan akhlak anak di TPA Darussalam yang dilakukan oleh guru TPA Darusssalam.

Kata Kunci: Upaya Guru TPA, Anak TPA, Pembinaan Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:22
Last Modified: 07 Feb 2022 07:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item