Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Dalam Penerapan Pola Interaksi Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Di MTs Muhammadiyah Metro

Ningrum, Artika Dewi Silvia (2021) Upaya Guru Dalam Penerapan Pola Interaksi Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Di MTs Muhammadiyah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Artika Dewi Silvia Ningrum -1601010098 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Dalam upaya penerapan pola interaksi pembelajaran guru dalam penerapannya tidaklah mudah untuk menyesuaikan pola seperti apa yang dipakai untuk pembelajaran khususnya akidah akhlak. setiap pola interaksi pembelajaran mempunyai kelemahan serta kelebihan jika diterapkan. Oleh karena itu untuk penerapannya guru harus menyesuaikan materi yang sedang dipelajari. Jika kurang tepat dalam menggunakan pola interaksi pembelajaran maka pencapaian dari pembelajaran itu sendiri tidak maksimal. Terlebih mata pelajaran akidah akhlak ini sebagai sumber pembelajaran siswa terhadap akidah serta akhlak untuk bekal siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya guru dalam penerapan pola interaksi pembelajaran akidah akhlak siswa di MTs Muhammadiyah Metro? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam penerapan pola interaksi pembelajaran akidah akhlak siswa di MTs Muhammadiyah Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yaitu terdiri dari tiga tahapan, data reduction data display, dan conclusion/verification.

Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam pelaksanaan penerapan pola interaksi pembelajaran, dalam penerapannya guru menggunakan semua pola interaksi pembelajaran baik satu arah, dua arah dan multi arah. Namun yang lebih mendominasi adalah pola interaksi multi arah. Dalam penerapannya guru menyesuaikan materi-materi yang ada dalam buku pembelajaran akidah akhlak. Respon siswa terhadap penerapan pola interaksi pembelajaran banyak mengatakan belajar dengan menggunakan pola interaksi pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar memudahkan dalam proses belajar mengajar, materi yang diberikan oleh guru juga bisa dipahami dengan baik, dan lebih meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam penerapan pola interaksi pembelajaran akidah akhlak terdapat beberapa faktor. Faktor pendukung yaitu: motivasi yang timbul dalam diri sendiri, menggunakan media dan sumber belajar sesuai dengan materi ajar, mengelola kelas yang baik oleh guru, menguasai bahan ajar. Faktor penghambat dalam penerapan pola interaksi pembelajaran yaitu: timbul rasa malas dari guru untuk menerapkan pola interaksi yang sesuai dengan materi pembelajaran, siswa yang kurang antusias dalam proses pembelajaran, dan kurangnya kemampuan mengembangkan ide-ide kreatif.

Kunci : Guru, Penerapan, dan Pola Interaksi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:22
Last Modified: 07 Feb 2022 07:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5056

Actions (login required)

View Item View Item