Alfiyah, Titik (2021) Penggunaan Alat Peraga Dakota (Dakon Matematika) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B MI Al-Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
TITIK ALFIYAH 1701050040 - titi alfiyah.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sarana dan prasarana untuk belajar, karena belajar dijadikan sebagai suatu proses dalam mendapatkan perubahan. Akan tetapi, dalam belajar dibutuhkan minat yang tinggi agar pembelajaran dapat berlangsung lancar dan siswa mampu paham akan materi yang sedang diajarkan, dan untuk menumbuhkan minat pada siswa diperlukan metode belajar agar hasil yang diperoleh dapat maksimal. Apalagi dalam pembelajaran matematika yang dianggap sulit untuk siswa. Salah satu Alat Peraga Matematika yang dapat membantu di dalam pembelajaran materi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) adalah Dakota (dakon matematika) merupakan suatu media dalam pembelajaran matematika yang inovasi dan dapat membantu dalam mata pelajaran matematika.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar matematika melalui Penggunaan Alat Peraga Dakota (dakon matematika) Kelas IV B di MI Al-qur’an, terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas IV B MI Al-Qur’an yang terdiri dari 18 siswa. Hasil penelitian ini diketahui pada observasi siklus I rata-rata minat belajar siswa adalah 58% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 79%. Ada peningkatan presentase dari siklus I dan siklus II yaitu 21%. Hasil belajar pada post-test siklus I rata-rata ketuntasan diperoleh yaitu 33% sebanyak 6 orang siswa memenuhi KKM (kriteria ketuntasan minimum) pada siklus II rata-rata ketuntasan post-test adalah 83% sebanyak 15 orang siswa memenuhi KKM (ketuntasan kriteria minimum),ada peningkatan presentase dari siklus I dan siklus II yaitu 50%. Hasil penelitian tersebut menunjukan penggunaan alat peraga Dakota dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kelas IV B MI Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:11 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5059 |
Actions (login required)
View Item |