Sari, Dwi Retno (2021) Pengaruh Pelayanan Mobile Banking dan ATM terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KCP Sukarame. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
1704100204-DWI RETNO SARI - Dwi Retno Sari.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Dalam dunia perbankan sekarang ini persaingan bisnis semakin ketat baik dalam pasaran maupun internasional. Untuk memenuhi kepuasan nasabah dalam industri perbankan, kualitas pelayanan nasabah sangat penting bagi perusahaan untuk dikelola dengan baik agar tetap mendapat kepercayaan dan kepuasan dari nasabah. Dalam memberikan kualitas pelayanan yang baik bank mengeluarkan produk jasa yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah diantaranya melalui media elektronik yang berupa layanan mobile banking dan pelayanan melalui ATM (anjungan tunai mandiri). Melalui mobile banking dan ATM nasabah dapat melakukan transaksi yang diinginkan selama 24 jam tanpa harus datang ke bank.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh mobile banking dan ATM terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Sukarame. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan sampel sebanyak 84 responden. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang meliputi uji regresi linier berganda, uji T, uji F, dan koefisiensi determinasi (R2)
Hasil menunjukkan bahwa : hasil uji T variabel mobile banking (H1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah hasil perhitungan t hitung > t tabel yaitu 0,666 < 1,98969 dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak atau Mobile Banking tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Sukarame dengan nilai signifikasi 0,507 > 0,05. Hasil uji T variabel ATM (H2) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, hasil perhitungan t hitung > t tabel yaitu 4,485 > 1,98969 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau ATM berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Sukarame dengan nilai signifikasi 0,000 > 0,05. Dan hasil uji F simultan t hitung > t tabel yaitu 14,155 > 3.11. dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau Mobile Banking dan ATM secara bersama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Sukarame. Besarnya pengaruh pelayanan mobile banking dan ATM terhadap kepuasan nasabah sebesar 25,9%. Hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 7,259 + 0,080 + 0,473 + e. Maka dapat dikatakan bahwa variabel mobile banking dan ATM berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Semakin tinggi kualitas layanan mobile banking dan ATM maka akan semakin meningkatkan kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Sukarame.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:11 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5062 |
Actions (login required)
View Item |