Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Pembeli (Studi Penerapan Pada Usaha Pertanian di Desa Tulus Rejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur)

Wima, Nabila Putri (2021) Penerapan Model Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Pembeli (Studi Penerapan Pada Usaha Pertanian di Desa Tulus Rejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NABILA PUTRI WIMA -1704100158 - S1 PBS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penerapan strategi pemasaran digital dalam perusahaan sangatlah berpengaruh dalam kinerja yang bersangkutan. Berhasil atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan sebagai cara yang dikembangkan oleh prusahaan untuk dapat bersaing dalam meningkatkan minat konsumen dalam penerapan strategi pemasaran digital yang efektif. Terdapat empat Usaha Pertanian di Desa Tulus rejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur, yaitu usaha Penangkaran UD Jaya Mandiri milik Ibu Lilis Maulita Wati, usaha UD Jaya Mandiri milik Ibu Eva Hidayati, usaha UD Jaya Mandiri Flora milik Ibu Trisna Wulandari dan usaha H. Ngatiman Bibit milik Ibu Ngatiman.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan minat beli dengan menggunakan strategi digital marketing di usaha pertanian Desa Tulus Rejo Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitataif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pada usaha Penangkaran UD Jaya Mandiri milik Ibu Lilis Maulita Wati belum berhasil menerapkan strategi digital marketing dalam pemasaran produknya. Namun, usaha Penangkaran UD Jaya Mandiri hanya menerapkan variabel strategi promosi (promotion) yaitu penjualan pribadi (personal selling) dengan baik serta mampu mengalami peningkatan minat beli konsumen. Begitupun juga dengan usaha H. Ngatiman Bibit milik Ibu Ngatiman yang hanya menerapkan penjualan pribadi (personal selling) yang diamana masih mampu dalam meningkatkan minat beli konsumen. Pada usaha UD Jaya Mandiri milik Ibu Eva Hidayati berhasil menerapkan strategi digital marketing dalam pemasaran produknya yaitu menerapkan pemasaran konten (content marketing) dengan menggunakan media digital Whatsapp (WA) dengan baik serta mengalami peningkatan minat beli konsumen yang sangat pesat. Dan, Pada usaha UD Jaya Mandiri Flora milik Ibu Trisna Wulandari berhasil menerapkan strategi digital marketing dalam pemasaran produknya yaitu menerapkan strategi sosial media (social media strategy) dengan menggunakan media sosial Instagram (IG) akun “@jayamandiriflora” dengan cukup baik, namun terdapat kekurangan yaitu kurangnya pemberian informasi pada produk yang dipasarkan tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi presentase tingkat minat beli konsumen.

Kata Kunci: Pemasaran, Digital Marketing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:23
Last Modified: 07 Feb 2022 07:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item