Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Marketing Mix Travel Agent Dalam Menarik Minat Calon Jamaah Haji Dan Umroh Di Metro (Studi di PT. Garis Lurus Lintas Semesta Travel Umroh dan Haji Plus)

Melati, Nabela Sukma (2021) Strategi Marketing Mix Travel Agent Dalam Menarik Minat Calon Jamaah Haji Dan Umroh Di Metro (Studi di PT. Garis Lurus Lintas Semesta Travel Umroh dan Haji Plus). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NABELA SUKMA MELATI - 1704010027 - MHU.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Haji merupakan rukun Islam yang kelima dan hukumya wajib bagi yang mampu, perkembangan jumlah jamaah haji di Indonesia saat ini dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, namun keinginan yang tinggi tidak didukung oleh kebijakan pemerintah yang hanya menetapkan kuota terbatas dan mengakibatkan daftar tunggu yang panjang (waiting list). Akibat dari daftar tuggu yang panjang membuat para pebisnis mulai melirik usaha tour and travel haji umrah baik di daerah terpencil ataupun di kota-kota besar, salah satu travel umrah dan haji plus adalah PT. Garis Lurus Lintas Semesta yang kini sudah membuka cabang hampir di seluruh Indonesia termasuk di Lampung yang lebih tepatnya di Metro.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap minat jamaah/konsumen untuk menggunakan jasa PT. Garis Lurus Lintas Semesta Travel Umrah Dan Haji Plus di cabang Metro.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan teknik snowball sampling. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, strategi Marketing Mix yang di lakukan oleh PT. Garis Lurus Lintas Semesta travel Umrah Dan Haji Plus dalam menarik minat calon jamaah sudah menerapkan ke-7 elemen-elemen Marketing Mix dan yang paling menonjol dari ke-7 elemen-elemen marketing mix yaitu harga, tempat dan proses pelayanan.

Kata Kunci : Strategi, Marketing Mix, Haji Umrah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:23
Last Modified: 07 Feb 2022 07:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5074

Actions (login required)

View Item View Item