Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Alat Permainan Edukatif (APE) Pohon Berhitung Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Ma’arif 31 Hargomulyo Lampung Timur

Septiani, Wahyu (2021) Implementasi Alat Permainan Edukatif (APE) Pohon Berhitung Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Ma’arif 31 Hargomulyo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WAHYU SEPTIANI - 1701030057- PIAUD.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Mengembangkan aspek kognitif pada anak usia dini sudah menjadi kewajiban setiap pendidik di lembaga TK. Pendidik di TK Ma‟arif 31 Hargomulyo sudah berusaha mengembangkan kognitif anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran di TK, namun kemampuan kognitif peserta didik masih kurang berkembang. Dalam mengembangkan kognitif dilakukan di TK Ma‟arif 31 Hargomulyo menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Pohon Berhitung. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Implementasi Alat Permainan Edukatif (APE) Pohon Berhitung dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di TK Ma‟arif 31 Hargomulyo Lampung Timur, 2) Langkah implementasi Alat Permainan Edukatif (APE) Pohon Berhitung dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di TK Ma‟arif 31 Hargomulyo Lampung Timur, 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi Alat Permainan Edukatif (APE) Pohon Berhitung dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di TK Ma‟arif 31 Hargomulyo Lampung Timur.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, berlokasikan di TK Ma‟arif 31 Hargomulyo Lampung Timur. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi, dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan/verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Implementasi Alat Permainan Edukatif (APE) Pohon Berhitung dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di TK Ma‟arif 31 Hargomulyo Lampung Timur telah dilakukan secara maksimal, 2) Langkah implementasi Alat Permainan Edukatif (APE) Pohon Berhitung dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di TK Ma‟arif 31 Hargomulyo Lampung Timur dilakukan dengan baik secara bertahap, 3) Faktor pendukung merupakan bagian pendukung pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal dalam mengimplementasikan Alat Permianan Edukatif (APE) Pohon Berhitung. Sedangkan faktor penghambat yang terjadi ketika proses mengimplementasikan Alat Permianan Edukatif (APE) Pohon Berhitung yaitu peserta didik yang masih belum sabar menunggu giliran untuk bermain.

Kata Kunci: Permainan Edukatif, Kognitif, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:23
Last Modified: 07 Feb 2022 07:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5080

Actions (login required)

View Item View Item