Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Film Animasi Upin Ipin Sebagai Media Pendidikan Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa Kelas V SDN 01 Panca Karsa Purna Jaya

Luthfiana, . (2021) Peran Film Animasi Upin Ipin Sebagai Media Pendidikan Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa Kelas V SDN 01 Panca Karsa Purna Jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUTHFIANA - 1701050065 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini secara implisit menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter islami yang terkandung dalam film animasi Upin Ipin pada episode esok puasa. Rumusan pertanyaan pada penelitian ini adalah nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin episode esok puasa dan bagaimana pengaruh nilai-nilai pendidikan karakter islami yang terkandung dalam film animasi Upin Ipin terhadap nilai-nilai karakter siswa SD Negeri 01 Panca Karsa Purna Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.

Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi yaitu menggabungkan antara wawancara, observasi. dan studi dokumen. Responden penelitian adalah guru, siswa dan orang tua siswa kelas V SD Negeri 01 Panca Karsa Purna Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan islami yang terkandung dalam film animasi Upin dan Ipin pada episode esok puasa, yaitu : Pertama nilai pendidikan Ibadah meliputi: (1) Ibadah Mahdah yaitu shalat dan puasa, (2) Ibadah Ghairu Mahdah yaitu shodaqoh atau berbagi, mengucapkan salam, bersyukur, dan juga berdo‟a. Kedua, nilai pendidikan Akhlak meliputi: tanggung jawab,kejujuran, dan toleransi beragama.

Peran film kartun Upin dan Ipin pada episode esok puasa memiliki beberapa kontribusi terhadap proses pendidikan di antaranya adalah pertama, nilai-nilai yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin dapat dijadikan referensi orang tua maupun guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak. Kedua, bahasa lembut yang penuh kasih sayang dan cinta kasih yang terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin pada episode esok puasa dapat dijadikan teladan orang tua maupun para guru dalam mendidik anak. Ketiga, film animasi Upin Ipin ini juga bisa dijadikan media pembelajaran oleh orang tua ataupun guru (pendidik), baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah untuk mendidik anak memiliki karakter yang Islami yang diharapkan.

Kata kunci : film animasi, karakter, Upin Ipin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:24
Last Modified: 07 Feb 2022 07:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5088

Actions (login required)

View Item View Item