Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Siswa SD Negeri 2 Buyut Ilir Lampung Tengah

Purwindari, Trisnanda Nawang (2021) Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Siswa SD Negeri 2 Buyut Ilir Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI TRISNANDA NAWANG PURWINDARI - 1701050088 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Guru mempunyai andil yang besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswanya, guru memiliki posisi yang strategis sebagai pelaku utama. Sikap dan perilaku seorang guru sangat membekas dalam diri siswa, sehingga ucapan karakter dan kepribadian guru menjadi cermin siswa. guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya dan bermoral. Masih banyak peserta didik yang belum bisa mengaplikasikan nilai nilai karakter di lingkungan sekolah maupun di rumah. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk memilih judul tentang Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Siswa SD Negeri 2 Buyut Ilir Lampung Tengah dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik kelas V di SDN 2 Buyut Ilir.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanaman pendidikan karakter di SD Negeri 2 Buyut Ilir Lampung Tengah, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman karakter, dan solusi untuk mengatasi hambatan dalam penanaman pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri 2 Buyut Ilir Lampung Tengah. Sumber data dalam penelitian ini ada sumber data primer yaitu guru kelas dan siswa kelas V sumber data sekunder nya yaitu buku-buku dan dokumen. Teknik penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu tahapan pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan.

Kesimpulan yang diperoleh bahwa upaya guru dalam menanamkan nilai nilai karakter pada siswa dapat melalui kegiatan kelompok dengan harapan dapat menerapkan karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,dan percaya diri . Selain itu penerapan 7s (senyum, salam, sapa, sopan, santun, sabar dan syukur). Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter dapat melalui metode keteladanan, metode nasehat, metode demonstrasi, dan metode diskusi. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu adanya media bercerita dan sarana prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu diantaranya kesibukan orang tua, lingkungan, dan media massa. Selanjutnya solusi untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu pemberian tugas dan kerjasama antara guru dan orang tua.

Kata Kunci : Guru, Siswa, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:34
Last Modified: 09 Feb 2022 07:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5105

Actions (login required)

View Item View Item