Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII MTs SA Darun Nasyi’in Desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung

Saputri, Despita Dwi (2021) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII MTs SA Darun Nasyi’in Desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DESPITA DWI SAPUTRI NPM.1701010017- PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Sebagai metode penyajian, demonstrasi tidak lepas dari penjelasan secara lisan oleh guru. Walaupun dalam proses demonstrasi peran siswa hanya sekedar memperhatikan, akan tetapi demonstrasi dapatmenyajikan pelajaran lebih konkret. Dalam strategi pembelajaran, demonstrasi dapat digunakan untuk mendukung keberhasilan strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII MTs SA Darun Nasyi‘in Desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh pada metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII MTs SA Darun Nasyi‘in Desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Dan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 29 siswa atau responden.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi. Angket atau kuesioner ditunjukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang pengaruh metode demonstrasi, serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan hasil belajar mata pelajaran fiqih, sejarah berdirinya MTs SA Darun Nasyi‘in Desa Bumi Jawa, letak sekolah, visi misi dan tujuan, struktur organisasi, keadaan guru dan pegawai, keadaan siswa, keadaan sarana dan prasarana.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII MTs SA Darun Nasyi‘in Desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Hal ini terbukti dari analisis data menggunakan rumus korelasi Person Product Moment diperoleh harga rxy 0,717. Pengujian hipotesis dengan menafsirkan besarnya koefisien korelasi yaitu harga nilai thitung sebesar 5,3385. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dengan harga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,3385 2,05183 (thitung ttabel), sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan arah hubungan positif dan tingkat pengaruh tergolong kuat
Selanjutnya, hasil perhitungan koefesien determinasi, variasi mengajar guru berkontribusi atau pengaruh sebesar 51,4% dalam mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII MTs SA Darun Nasyi‘in Desa Bumi Jawa. Kemudian, 48,6% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal maupun eksternal dari diri pribadi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2022 00:26
Last Modified: 28 Feb 2022 00:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item