Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Pembelajaran Daring Sebagai Sarana Pembelajaran IPS Selama Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 1 Rumbia Tahun Ajaran 2021/2022

Sugiati, Lilis (2021) Problematika Pembelajaran Daring Sebagai Sarana Pembelajaran IPS Selama Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 1 Rumbia Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LILIS SUGIATI -1701080035 - Tadris IPS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pada masa pandemi covid 19 pembelajaran daring merupakan suatu solusi agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Namun pada kenyataan di lapangan dalam pembelajaran daring tidak berjalan secara lancar terdapat problematika yang terjadi seperti pada tahap persiapan, pelaksanaan,dan tahap evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran daring sebagai sarana pembelajaran IPS selama masa pandemi covid 19 di SMPN 1 Rumbia.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik SMPN 1 Rumbia, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer (guru dan siswa) dan sumber data sekunder (RPP). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, dan data display.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa, tetapi dilakukan menggunakan aplikasi whatsapp group. Problematika yang dialami guru, peserta didik dalam pembelajaran daring yaitu pada tahap perencanaan, kebingungan penyusunan RPP dan jaringan internet yang terkadang tidak stabil. Tahap pelaksanaan pembelajaran belum sesuai dengan RPP, tingkat pemahaman peserta didik yang berbeda-beda, dan motivasi belajar siswa. Sedangkan pada tahap evaluasi guru tidak ada problematika yang terjadi. Adapun upaya yang diberikan guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi yaitu memberikan perpanjangan waktu dalam mengumpulkan tugas, dan mengumpulkan tugas dapat langsung datang kesekolah dengan mematuhi protokol kesehatan. Jika ada siswa yang belum paham dipersilahkan bertanya, dan selalu memberikan motivasi belajar terhadap siswa, melakukan pengayaan atau remidial kepada siswa yang mendapatkan nilai belum tuntas.

Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Daring, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2022 00:27
Last Modified: 28 Feb 2022 00:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item