Solikhah, Muflikhatu (2021) Strategi Pembinaan Akhlak Siswa SMP PGRI 1 Sendang Agung Kab.Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MUFLIKHATU SOLIKHAH - 1601010159 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Akhlak merupakan ukuran kemanusiaan yang hakiki dan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, bahkan untuk membedakan antara hewan dan manusia terletak pada akhlaknya.Krisis akhlak terjadi karena sebagian besar orang tidak mau lagi mengindahkan tuntunaan agama, yang secara normative mengajarkan kepada pemeluknya untuk berbuat baik, meninggalkan perbutan perbuatan maksiat. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemrosotan akhlak terjadi merupakan akibat dari dampak negative dari kemajuan teknologi dan era globalisasi. Kemajuan teknologi dan derasnya arus globalisasi menimbulkan dampak negative dikarenakan tidak diimbangi dan diiringi dengan keimanan.Disinilah peran guru terutama guru pendidikan agama Islam untuk membina akhlak siswa agar terhindar dari perilaku yang tidak sesuai dengan syariat Islam.Dalam mengatasi hal ini dibutuhan strategi guna untuk membina akhlak siswa.Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas maka pertanyaan yang diajukan dalam peneitian ini yaitu Apa strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP PGRI 1 SendangAgung ?
Jenis penelitian menggunakkan penelitian kualitatif lapangan dan bersifat Deskriptif.Tujuan penelitian ini adalah untuk memhami strategi yang digunakan dalam pembinaan akhlak siswa di SMP PGRI 1 Sendang Agung. Pengumpulan data diperoleh melalui beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk memudahkan penganalisaan data, kemudian diinterpretasikan dengan cara berfikir induktif, adalah berdasarkan pengetahuan khusus setelah itu diambil suatu pemecahan yang bersifat umum, sehingga menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan.
Berdasarkan hasil analisa data observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti peroleh maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembinaan Akhlak Siswa SMP PGRI 1 Sendang Agung dilakukan Strategi yang digunakan dalam pembinaan akhlak siswa dilakukan dengan direncanakan dan diprogramkan serta dilakukan secara berkesinambungan. Strategi yang diterapkan dengan melakukan pendekatan secara langsung meliputi keteladanan, pembiasaan dan nasehat, dan pendekatan tidak langsung meliputi hukuman dengan langkah-langkah yang digunakan da*lm proses pembinaan akhlak dengan melakukan pengamatan, pembinaan atau arahan dan pemberian contoh.
Kata kunci : Strategi Pembinaan, Akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 28 Feb 2022 00:27 |
Last Modified: | 28 Feb 2022 00:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5122 |
Actions (login required)
View Item |