Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Supervisi dan Kepemimpinan Pengawas Terhadap Kinerja Guru PAI di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM 1 Kabupaten Lampung Tengah

Umniah, Husna Faizatul (2021) Pengaruh Supervisi dan Kepemimpinan Pengawas Terhadap Kinerja Guru PAI di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM 1 Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS HUSNA FAIZATUL UMNIAH - 19001849 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Performa pendidik merupakan salah satu unsur yang menunjang keberhasilan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pengawas sebagai orang yang lebih ahli dalam pendidikan mempunyai tanggungjawab dan wewenang untuk membantu pendidik dalam mengupgrade performa mereka melalui kepengawasan. Selain melaksanakan kegiatan supervisi, pengawas juga menjalankan fungsi kepemimpinan dalam menentukan arah serta tahapan-tahapan yang akan dilalui oleh para guru menuju pencapaian tujuan yang dicita-citakan.

Maksud diadakannya penelitian ini adalah untuk menemukan ada atau tidaknya: 1)Pengaruh antara supervisi terhadap kinerja guru, 2)Pengaruh antara kepemimpinan pengawas terhadap kinerja guru, 3)Pengaruh antara supervisi dan kepemimpinan pengawas secara bersama-sama terhadap kinerja guru.

Riset ini bersifat kuantitatif. Populasi dalam riset ini ialah seluruh guru PAI di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM 1 Kabupaten Lampung Tengah yang berjumlah 40 orang. Orang-orang yang menjadi responden dalam riset ini adalah seluruh pendidik PAI di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM 1 Kabupaten Lampung Tengah, yakni 40 orang, karena riset ini menggunakan prosedur penelitian populasi. Riset ini menggunakan instrumen dalam wujud angket.

Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil riset memperlihatkan: 1)Adanya pengaruh antara supervisi terhadap kinerja guru. Pengaruh itu dapat dibuktikan dengan melihat nilai kepentingan sebesar 0,015 Fŧabel 3,32, dengan maksud variabel supervisi dan kepemimpinan pengawas secara serentak memberikan pengaruh kepada variabel kinerja guru. Adapun besarnya kontribusi dari dua faktor bebas ke variabel terikat tersebut ialah senilai 0,483, maksudnya adalah 48,3% faktor kinerja guru memiliki pengaruh dari variabel supervisi dan kepemimpinan pengawas, sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2022 00:27
Last Modified: 28 Feb 2022 00:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5123

Actions (login required)

View Item View Item